Waiting for sunset

Bila melihat foto diatas hampir semua orang tahu, pasti Bali. Ya, memang foto ini diambil di Bali tepatnya di Tanah Lot ketika saya dan keluarga pergi kesana Agustus tahun 2013 lalu. Foto diambil pukul 4:32 sore, sengaja menanti datang saatnya Sunset. Pemandangan yang sangat luar biasa, detik demi detik sangat mencengangkan, apalagi dinikmati sambil melepas lelah bersama keluarga tercinta karena sedari pagi bepergian mengunjungi tempat-tempat wisata yang banyak bertaburan di Bali.

Foto diambil dengan Nikon D90 menggunakan lensa Tamron 17-50 mm, settingan yang saya gunakan adalah ISO 200, f13, 1/800s, 20mm. Saya menggunakan filter UV, ND 8 untuk mereduce intensitas cahaya, dan CPL untuk mengurangin refleksi air dan mendramatisir langit dan awan.

Sebenarnya foto yang dihasilkan cukup memuaskan saya, silhuet yang dihasilkan kental sekali aura Bali, bayangan orang menambah dramatis suasana menjelang sunset, namun saya rasa akan lebih dramatis lagi bila mau bersabar menunggu lebih lama lagi dimana matahari ada dibelakang bayangan orang. Hal iti tidak saya lakukan karena saya harus mengexplorasi sisi pantai lainnya yang juga sangat menarik perhatian.

Untuk menambah kesan lebih dramatis, saya lakukan sedikit sentuhan polesan menggunakan software NIK color effect sehingga terciptalah foto diatas. Sementara foto dibawah adalah foto Asli dengan post proses menggunakan ACD pro 3.

DSC_7822ab

Semoga menginspirasi, Selamat hunting foto

Heru ‘Topia’ Arianto

 

 

Leave Comment

