Product Photography: Trung Nguyen Coffee

DSC_2081 a - Trung Nguyen

Coffee Pot Pedrini diatas Kompor Portable.
Nikon D90, f5.6, 1/3s, ISO 200, 1 flash.

Saya adalah penggemar kopi, sekedar menikmati 1-2 gelas kopi sehari, bukan sampai pada taraf pecandu kopi. Posting ini terinspirasi oleh http://www.cikopi.om asuhan Bang Toni Wahid, yang menurut saya sepertinya sangat ahli di bidang perkopian. Saya suka sekali dengan foto-foto yang ada di situs tersebut, banyak mengeksploitasi lensa lebar sehingga foto yang dihasilkan bokehnya sangat soft dan foto yang ditampilkan menggugah selera untuk segera menikmati secangkir kopi. Sedikit berkreasi saya mengambil bebarapa foto ketika saya membuat kopi, dan untuk membedakan saya gunakan teknik low key, artinya bidang gelap nya lebih dominan.

Iseng saya ambil bebarapa foto dengan mengandalkan 1 lampu flash dengan difuser. Sebenarnya ingin menggunakan lebih dari 1 lampu flash tapi karna cuma punya 1 yaa.. terpaksa menggunakan 1 saja, tapi dibeberapa foto saya memanfaatkan cahaya lampu senter untuk sedikit mengangkat shadow tapi sepertinya kurang begitu berasa hasilnya.

DSC_2085 a - Tuang Kopi

Menuang Esense Kopi yang ditampung
dicawan atas Coffee Pot Pedrini.
Nikon D90, f5,6, 1/3s, ISO200, 1 Flash.

sharing behind the photo:

Sebetulnya malam itu saya ingin sekali menikmati secangkir kopi, seperti biasa favorit saya adalah membuat kopi dengan menggunakan kopi pot. Kopi pot yang saya gunakan dengan label Pedrini, kualitas alumuniumnya ok banget. Kopi yang saya seduh adalah kopi vietnam Trung Nguyen oleh-oleh istri tercinta yang habis perjalanan dinas kesana. Kalau disini kita mengenal krupuk super pedes, krupuk Ma Icih, mulai dari pedes level 1 sampe pedes level 10, nah ternyata istri saya bilang, Trung Nguyen juga ada penomorannya, Trung Nguyen 1, Trung Nguyen 2, Trung Nguyen 3, dst. Hanya saja bedanya penomoran ini bukan berdasarkan “berat” nya kopi, namun sepertinya lebih ke variasi rasa.

Sebetulnya ada yang enak juga, kopi dari Bandung, yaitu kopi Aroma.. diJakarta biasanya ada di toko roti Lau. Di Bandung sendiri saya kurang begitu mengerti dimananya, biasanya karena dikasih oleh-oleh dari saudara yang juga penggemar berat kopi.

Ritualnya cukup seru, kita siapkan kompor portable, kenapa kompor portable, karena kita bisa masak di atas meja tamu sambil ngobrol, layaknya Barista. Kemudian kopi beserta air secukupnya dimasukkan kedalam Kopi Pot selanjutnya dididihkan diatas kompor portable. Prinsip kerja kopi pot ini unik, air yang ada dibawah pada saat mendidih akan berubah menjadi uap, lalu uap ini akan melewati Bubuk Kopi yang ada ditengah, lalu karena tekanan tinggi, uap air akan terus naik ke cerobong atas, dan akan mengembun dan menetes di wadah paling atas, uap ini sudah mengandung kopi tentunya. Seperti kita sedang menyuling Kopi begitu.

DSC_2097 a - trung nguyen

Trung Nguyen #3 & #2, Coffee Pot Pedrini, Susu Kental Manis,
dan Secangkir Kopi Nikmat Siap untuk di sruput.
Nikon D90, f5,6, 1/3, ISO200

Kalau Bubuk Kopi yang kita masukkan cukup banyak (satu cawan penuh), maka uap air yang mengandung kopi tersebut bisa digunakan untuk 3 gelas kopi ukuran standard dengan menambahkan air panas tentunya, karena kalau tidak, rasa kopinya akan terasa sangat kental. Biasanya saya nikmati dengan tambahan Susu Kental Manis…. karena sudah perpaduan Susu + Manisnya gula. Rasanya jangan ditanya… makkk… nyosssss……………….. mantap…!

Nah ketika melakukan ritual tadi saya kepikiran untuk mengambil gambarnya sekalian melatih teknik strobist-an… Foto diambil menggunakan Nikon D90, Tamron 17-50mm 2,8. ISO200, f8, 1/3s dengan bantuan Tripod biar tidak goyang, lalu 1 lampu flash dari arah kanan diset power manual ditriger menggunakan infrared commander dari body camera.

Buat iseng-iseng Anda bisa mencoba mengambil foto aktifitas apa saja yang bisa difoto, sambil mengasah teknik foto tentunya. Semoga Menginspirasi, selamat mencoba…

Salam,

Heru ‘Topia’ Arianto

Leave Comment

