Light Painting Photography: Nikkor on Fire

Foto diatas bukan hasil edit dengan menggabungkan 2 foto menjadi satu dengan alat bantu software pengolah gambar (teknik kolase), namun foto asli hasil pengambilan foto dari kamera. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Buat yang hobby photography pasti akan dengan sangat mudah menerka…. ya, menggunakan teknik light painting, yaitu teknik mengambil foto dengan memaksimalkan fungsi speed lambat pada kamera untuk merekam api cahaya yang ada didepan kamera.

Untuk sharing, berikut behind the photo:

Property lensa Nikkor 50mm f1,8 (lensa asli loh.. 🙂 ), diletakkan di atas meja yang terlebih dahulu ditutup dengan kain hitam sebagai Background. Karena kita akan mengambil foto dengan kecepatan sangat lambat, Tripod wajib hukumnya. Kamera di atas tripod, saya gunakan setting manual dengan konfigurasi: f8, 1/10s, ISO200. Saya menggunakan Flash di sebelah kanan (off shoe) ditriger menggunakan infra red dari body kamera, power diset manual, flash di setting menyala diakhir (second curtain) didetik ke 10 untuk merekam body lensa.

Sebelum mulai menekan tombol shutter, dipersiapkan dulu alat bantu lainnya yaitu sebatang lidi, dimana diujungnya dililit tissue yang kemudian dibakar. Bila lidi dengan ujung terbakar mirip obor tersebut sudah siap, mulai tekan tombol shutter, lalu api di ujung lidi diarahkan diatas object foto body lensa nikkor 50mm f1.8, digerakan perlahan lahan untuk menciptakan alur cahaya yang kita inginkan. selama 10 detik kamera akan merekam semua pergerakan cahaya api tersebut. Di detik ke 10, flash menyala, sehingga kamera merekam body Lensa Nikkor tersebut.  Sehingga secara keseluruhan, foto akan menghasilkan gambar tersebut.

Teknik ini lebih dikenal dengan Low Speed, biasanya yang sering kita lihat efek cahaya lampu-lampu mobil dijalan raya yang terlihat seperti garis (light trail), atau yang lebih serius lagi benar benar melukis satu bentuk, pola, ukiran, alur, dengan menggunakan alat bantu yang mengeluarkan sinar, sehingga jadilah foto yang unik, dimana bentuk, pola, ukiran, atau alur tersebut adalah efek dari light trail tadi.

Semoga Menginspirasi, Selamat Mencoba

Salam,

Heru ‘Topia’ Arianto

Advertisements

Leave Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s