Portrait Photography: Simple Lighting

Foto diatas adalah Foto anak pertama saya, Ozil, yang saat ini berusia 2,5 tahun. Foto saya ambil dengan peralatan yang cukup simple namun diluar dugaan hasilnya layaknya seperti sesi foto dengan lighting studio (itu menurut saya loh ya… 🙂 ).

Gear yang digunakan adalah Nikon D90, Nikkor 50mm f1,8, monopod, flash off shoe dengan kable flash, dan difuser. Tangan kanan pegang kamera, focusing, dan shoot, sementara tangan kiri memegang monopod yang diujungnya dipasang flash. Setting kamera di ISO 200, f8, 1/60s, flash power setting manual. Posisi flash ada didepan kanan anak saya diketinggian sekitar 45 derajat.  oh ya.. difuser yang saya pakai adalah keluaran Gary Fong, pemberian dr. Ari Widodo (thanks doc ! 🙂 ), terbukti dok… cahaya yang dihasilkan sungguh soft dan merata… cocok untuk foto model…

Yang paling susah adalah mengarahkan anak saya untuk melihat kamera lalu pose. Foto diatas adalah 1 dari sekitar 15 foto yang saya ambil, semuanya terekam dengan expresi yang berbeda-beda.. nah yang ini yang paling jaim tapi kelihatan berwibawa (halah… 🙂 ) …. yah memang dasar anak-anak… harus sabar….

Post process diolah di Photoshop, karena background kurang menarik, jadi saya cari background untuk portrait dari internet lalu saya ganti backgroundnya…  oh ya mengenai background warna biru, sebetulnya proyek ini karena Anak saya harus menyerahkan pas foto 3×4 untuk sekolah PAUD nya dia…. walhasil saya mendengar kabar dari Ibu Mertua saya, katanya Ibu Guru – Ibu Guru bilang, foto anak saya yang paling keren diantara foto anak PAUD lainnya… 🙂

Semoga menginspirasi

Salam,

Heru ‘Topia’ Arianto

Leave Comment

