BLV in splash

Product Photography: BLV in Splash

Foto diatas saya buat untuk memenuhi tantangan pada lomba foto yang bertemakan Creative Lighting System (CLS) yang diadakan oleh http://www.nikonteam.net. Peserta lomba adalah peserta seminar dengan tema CLS tersebut yang dipandu oleh Photographer Professional Johan Hendarta dari Nikon School, yang juga merupakan anak dari Photographer terkenal Johny Hendarta. Seminar diadakan di kantor Nikon Team Mangga Dua.  Tantangan yang diberikan adalah untuk membuat foto water splash dengan memaksimalkan fitur CLS pada kamera Nikon.

Buat sharing, pembuatanya cukup simple, saya gunakan kamar mandi sebagai studio dadakan. Saya pasang wardrobe kain warna hitam sebagai background (ssst..  saya memakai kain jilbab warna hitam punya istri hehee.. ), kemudian Botol Bulgari di atas meja dengan permukaan mengkilat. Lighting menggunakan satu flash off shoe dari arah kiri, dibantu reflektor silver saya pasang di sebelah kanan (reflektor yang saya pakai adalah sun cover yang biasa dipakai di dalam mobil ketika parkir agar tidak panas hehehe.. ),  kamera diatas tripod, flash built in saya gunakan untuk fill in, saya juga pasang difuser untuk flash internal yang warna biru untuk menaikkan warna biru dari botol…  lampu flash ditriger dengan mata kucing (wireless triger), kebetulan saya pakai Nikon D90 yang ada fasilitas tersebut. Untuk tombol shutter saya menggunakan remote, karena saya mengerjakannya sendirian. Kamera di set mode M (Manual), f8, 1/100 s, ISO200, focus juga disetting manual.

Eksekusi pengambilan foto sangat lucu, tangan kanan memegang gelas berisi air, lalu menuangkan ke arah botol, sambil berhitung, lalu bila dirasa momentnya pas tangan kiri menekan tombol shutter di remote. Pengambilan foto dilakukan berkali kali untuk mendapatkan efek air yang unik. Satu kali tuang foto yang ditangkap akan berbeda dengan air yang dituang kedua kali, ketiga kali dan seterusnya. Sangat mengasyikkan melihat bentuk bentuk aneh butiran air yang terekam, kalau saja kita tidak berfikir cukup dan stop, rasanya ingin mencoba terus, terus dan terus… 🙂

Sebetulnya ada teknik pengambilan foto butiran air yang pengambilan fotonya dalam hitungan detik yaitu teknik HSP atau high speed photography. Sayangnya untuk keperluan ini harus memiliki alat khusus semisal bikinan Om Salahudin Damar Jaya dari Bandung, alat ini untuk mentriger kamera untuk merelease tombol shutter dalam hitungan sekian detik setelah tetesan air diteteskan, ada juga yang ditriger dengan stimulasi oleh suara, seperti foto balon pecah, bohlam lampu pecah, dsb.

Alhamdulillah, proyek sederhana ini menghasilkan foto yang waktu itu saya submitt di http://www.nikonteam.net dan ternyata memenangkan sebuah Nikon Coolpix… 🙂

Selamat Mencoba

Salam,

Heru ‘Topia’ Arianto

Leave Comment

