Baby Photography: My lovely sons

IMG_0009 edit

Buat Anda pecinta photography, ketika Anda dikaruniai seorang putra, pasti tebakan saya, anak Anda tiba-tiba menjadi model favorit, segala macam pose selalu diambil gambarnya, pastinya perasaan bangga bisa memamerkan foto anak anda kepada siapapun juga, apalagi diera digital seperti saat ini, sebentar-sebentar upload foto entah di Facebook, Twitter, Path, Line, Instagram dll.

Mau berbagi tips mengenai Baby Photography, dalam hal ini Anak sendiri yang jadi model jadi masalah waktu pemotretan bukan menjadi kendala, karena kapan saja bisa, bahkan tiba-tiba ketika melihat mimik yang lucu, langsung lari ambil kamera untuk diabadikan.

Saya kira, siapapun Baby yang menjadi model, kunci paling utama adalah Kesabaran. Kesabaran menunggu moment yang menarik, kesabaran menunggu berhenti menangis, kesabaran menunggu senyuman keluar di bibir menunggu mata menatap ke arah kamera, menunggu si Baby menunjukkan pose-pose yang menarik.

DSC_0151 edit

Kerjasama dan koordinasi dengan orang tua, dalam hal ini yang saya alami, koordinasi dengan istri, sangat dibutuhkan. Istri memprovokasi baby agar selalu pay attention ke arah saya, berusaha membuat baby untuk tertawa, dan sebisa mungkin tidak membuat baby menangis.

kondisi ruangan juga harus mendukung, ada jarak yang cukup buat fotographer untuk mengambil angle angel menarik disekeliling si Baby, Suhu ruangan nyaman biar baby gak kedinginan, apalagi kalo temanya Baby yang polos hanya dengan balutan selimut bulu.

lighting juga harus diperhatikan agar membentuk karakter baby yang innocent, focus foto ada di mata, bila diinginkan Baby bisa didandani dengan wardrobe sesuai keinginan, kalau saya lebih suka tanpa asesoris yang terlalu ramai, cukup balutan selimut atau handuk tebal berwarna putih… akan sangat terlihat innocent sekali.

IMG_0012 edit

Saya suka shoot pake lensa bukaan lebar (50mm f1,8) agar ada rona blur yang soft, tapi terkadang juga ingin mendapatkan foto yang tajam dengan lighting yang bagus

Foto paling atas dan paling bawah adalah anak pertama saya, Ozil, diambil gambarnya ketika dia berumur 1 tahun, saat tulisan ini diposting dia sudah menginjak 2,5 tahun. Foto yang ditengah adalah adiknya, Ahnaf, juga diambil foto saat kurang lebih usia 1 tahun, saat ini Ahnaf baru 1 tahun 1 bulan , jadi foto diambil belum lama ini, dua duanya menggunakan kamera Nikon D90 + Nikkor 50mm f1,8.

Selamat Mencoba dan salam jepret,

Herutopia

Advertisements

Leave Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s